Banjir Bandang Rendam 3 Kecamatan di Pacitan
Kondisi salah satu desa yang terendam banjir (src: TNI AD)
Selasa (28/11/2017) sekitar pukul 07. 45 WIB bertempat di wilayah Kec. Kebonagung Kec. Pacitan dan Kec. Arjosari telah terjadi bencana alam banjir dan mengakibatkan sejumlah desa di 3 kecamatan wilayah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur terendam air.

Banjir yang diakibatkan curah hujan yang tinggi menyebabkan luapan air bandang dengan ketinggian bervariasi antara 50 s.d 150 cm, hingga berita ini diterbitkan debet air terus naik karena hujan masih terus mengguyur wilayah kota yang dikenal Pantai Teleng-nya. 

Luapan Sungai Kecamatan Kebonagung  Dan Kecamatan Pacitan.

Hujan yang mengguyur sejak Hari Senin (27/11/2017) pukul 18.00 WIB itu mengakibatkan  sungai yang melintasi Kec. Kebonagung dan Kec. Pacitan meluap karena tidak mampu menahan debit air pada pukul 02.00 WIB Selasa (28/11/2017).

Akibat luapan air sungai itu beberapa desa di dua kecamatan terendam banjir di antaranya Kec. Kebonagung menimpa 3 desa yakni Kebonagung - Desa Purwoasri - Desa Padi Barong. 

Sedangkan untuk 6 desa yang terendam air di Kecamatan Pacitan yakni: Desa Kayen - Desa Sukoharjo - Desa Sirnoboyo - Desa Tanjungsari - Kelurahan Baleharjo - Kelurahan Pacitan. 

Luapan Sungai Grindulu Kec. Arjosari. 

Tidak hanya itu, tingginya debet air dan tidak tertampung juga terjadi di sungai Grindulu yang melintasi Kec. Arjosari. Sekitar pukul 06.15 WIB pada Selasa (28/11/2017) air meluap dan mengakibatkan beberapa desa/kelurahan dan jalan protokol terendam banjir. 

Berikut 4 Desa yang terkena dampak luapan kali Grindulu: Desa Jatimalang - Desa Tremas - Desa Sedayu - Desa Arjosari. 
Jalan tergenang banjir (src: TNI AD)
Genganan air akibat banjir mencapai ketinggian 50 cm hingga 1.5 m. Tim SAR gabungan BPBD Kab Pacitan, TNI Kodim Pacitan, Polres Pacitan dan relawan mendatangkan Tim TRC dan mengevaluasi warga yang terdampak banjir. 

Berikut daftar korban akibat banjir bandang luapan sungai di Pacitan:

1). Tohir alamat Ling mblever Kel Pacitan (selamat). 
2). Sdr. Eko alamat Ds. Sirnoboyo (selamat) 
3) Sdr. Amri alamat Ds. Bangunsari sampai saat ini belum ditemukan dan masih dalam pencarian 

BPBD Kab Pacitan besama TNI Kodim Pacitan, Polres Pacitan dan relawan SAR masih melakukan evakuasi warga korban banjir dan pendataan kerugian material. (P. Lih/Ed/Har) 

SHARE THIS

Author:

Jurnalis

0 comments: