Hujan Deras Sebabkan Tanah Longsor dan Banjir di Beberapa Wilayah Kabupaten Magetan
Rumah warga tertimbun tanah longsor
Mearindo News - Lebih dari 4 jam hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur sejak pukul 12.30 WIB pada Kamis, (16/11/2017) mengakibatkan tanah longsor dan meluapnya air meluap disejumlah jalan besar Kota Magetan.

Tanah longsor terjadi di Dukuh Sumberrejo, Desa Ringinagung, Kecamatan, Kabupaten Magetan. Material longsor menimpa bangunan rumah milik Siti (47 tahun) warga RT.03 RW.03 Desa Ringinangung.

Terjangan material longsor mengakibatkan bangunan rumah bagian belakang roboh dan menimpa perabota rumah tangga yang berada didalamnya. Tidak ada korban jiwa atas kejadian itu, namun kerugian material ditaksir mencapai puluha juta.

Anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan yang datang ke lokasi dibantu warga segera melakukan evakuasi pembersian dan inventarisasi wilayah rawan bencana longsor.

BPBD menghimbau kepada masyarakat khususnya yg tinggal di Kabupaten Magetan untuk lebih Waspada dan Berhati-hati mengingat prediksi BMKG masih berpeluang terjadinya hujan itensitas ringan hingga lebat sampai 5 hari kedepan.

Sementara itu sejumlah jalan raya di wilayah perkotaan juga tergenang air setinggi kurang lebih 20 CM. Genangan akibat meluapnya air dari drainase sepanjang jalan itu diduga akibat drainasi yang dibangun Pemkab Magetan tidak berfungsi dengan baik.



Beberapa titik genangan air meluap ke jalan raya yang mengakibatkan terhambatnya kelancaran lalu lintas terjadi di Jl. Mayjen Sungkono, Jl. Diponegoro, Area perkantoran KPPT Magetan, Kelurahan Tambakejo, Area Limbah Industri Kulit (LIK) dan dibeberapa jalan protokoler Magetan lainya.

Sementara genangan air yang diduga akibat drainase yang tak fungsi, pihak Cipta Karya ketika dikonfirmasi belum dapan digubungi. (P. Lih/Har)

SHARE THIS

Author:

Jurnalis

0 comments: