Monitoring dan Evaluasi Gerak PKK-KB-Kesehatan Magetan oleh Nanik Sumantri
Nanik Sumantri bersama Masyarakat Desa Balerejo
Mearindo News, Jawa Timur - Kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan merupakan implemenrasi peran PKK dalam program Keluarga Berencana (KB) Nasional dan Pembangunan Kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu dalam rangka membangun keluarga yang sejahtera.

Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan yang berkualitas dalam program pemberdayaan kesejahteraan keluarga, Keluarga Berencana dan kesehatan.

Sejalan dengan tujuan Kesatuan Gerak PKK, KB, Kesehatan tersebut, Pemkab Magetan menjelang akhir 2017 telah  melaksanakan serangkaian program salah satunya adalah Kampung KB tepatnya di Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan beberapa waktu lalu.

Pencanangan program Kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan 2017 mendapatkan penilaian oleh tim penilai dari Kab. Magetan yang ditandai dengan kegiatan Monitoring & Evaluasi Hari Kesatuan Gerak PKK dan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Kab.Magetan, Selasa, 21 nopember 2017

Kegiatan Monitoring & Evaluasi tersebut  bertempat di  Balai Desa Balerejo Kec.Kawedanan Kab.Magetan dihadiri langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kab.Magetan Nanik Sumantri, S.Pd, M.Pd.

Nanik Sumantri mengatakan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan memberikan dampak positif terhadap penurunan tingkat jarak kelahiran dan kematian Ibu dan Bayi dalam rangka untuk mewujudkan manusia berkualitas dan keluarga siaga atau mandiri.

Nanik Sumantri juga menambahkan, untuk mendukung hal tersebut, PKK berada pada garis terdepan, karena kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan sangat strategis dalam menunjang keberhasilan program KB dan Kesehatan serta penigkatan kualitas keluarga, khususnya keluarga Pra Sejahtera atau kurang mampu/miskin.

“Target Kesatuan Gerak PKK–KB–Kesehatan antara lain adalah pencapaian target program, penurunan angka kematian ibu dan bayi, peningkatan peserta MKJP (Metode KB Jangka Panjang) dan peningkatan peran serta masayarakat melakukan program pemberdayaan", terang Nanik Sumantri.

Selain pengurus PKK, Nanik Sumantri dalam monitoring dan evaluasi ini pihaknya melibatkan tim penilai dari Satker Pemkab Magetan seperti tim Dinas PNB, Dinas Kesehatan, serta dinas lainya.

Seremonial Monitoring & Evaluasi Hari Kesatuan Gerak PKK dan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Kab.Magetan dihadiri oleh
- Camat Kawedanan (Bpk.Cahaya Wijaya S.STP,M.Si)
- Kapolsek Kawedanan (Akp.Santoso SH)
- Danramil 0804/10 Kawedanan (Kapt.Inf.Sugiri)
- Kepala KUA (Bpk. Anwar S. Ag)
- Kepala Desa se-Kecamatan Kawedanan
- Perangkat, Ketua BPD/ LPM Balerejo Beserta anggota
- Ketua penggerak PKK desa balerejo beserta Anggota
- Tokoh Agama/masyarakat dan ratusan undangan warga masyarakat.

Dalam kesempatan itu, PKK Kab.Magetan melalui Ketua Tim Penggeraknya Nanik Sumantri, S.Pd, M.Pd juga memberikan bantuan berupa: peralatan Posyandu dan Larvasida, Rak buku, Peralatan Dapur, Alat pembuat roti, Sembako dan peralatan lain guna menunjang aktifitas tim PKK setempat. (Hari/Red)


SHARE THIS

Author:

Jurnalis

0 comments: