Tumbuhkan Patriotisme, Dandim 0804 /Magetan Bersama Veteran Implementasikan "Merah Putih Memanggil "
Mearindo News, Magetan - Peringatan Hari Pahlawan Nasional Indonesia tahun 2017 diisi dengan serangkaian kegiatan yang dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Seperti halnya di Kabupaten Magetan, Hari Pahlawan Nasional kali ini Dandim 0804 Magetan jalin silaturrahim dan nonton bareng bersama veteran Magetan serta organisasi media. (10/11/2017)

Dandim 0804 Magetan letkol Arm Heri Bayu Widiatmoko
             
Komandan Kodim 0804/Magetan, Letkol Arm Heri Bayu Widiatmoko menyambut puluhan veteran Magetan di aula Kodim 0804 sekira pukul 13.30 WIB.

Dihadapan para veteran, Dandim 0804 yang akrab dipanggil Ketkol Bayu itu menyampaikan terima kasih dan mengungkapkan kebahagiaanya, sebab dirinya bersama jajaran Kodim 0804 dalam kesempatan Hari Pahlawan Nasional 2017 dapat bersilaturtahim dengan para veteran yang telah mengabdikan diri untuk mengamankan NKRI.

"Saya beserta jajaran Kodim 0804/Magetan sangat bersyukur diperingatan Hari Pahlawan Nasional Indonesia kali ini kami bisa silaturrahim dengan para senior kami, Untuk itu kami mengajak beliau - beliau untuk nonton bareng film Merah Putih Memanggil". Kata Letkol Bayu

Letkol Bayu menambahkan bahwa acara nonton bareng film bertajuk perjuangan ini merupakan serangkaian kegiatan menyongsong peringatan Hari Pahlawan Nasional yang digelar sejak Oktober 2017. Program dari Mabes TNI AD tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kembali semangat nasionalisme dan patriotisme didalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sementara itu, Joko yang lebih dikenal Joko Mayit, anggota veteran warga Magetan mengatakan bahwa sudah saatnya generasi muda Indonesia sekarang ini sadar akan bahanya pengaruh negatif dari kemajuan tekhnologi. Sehingga menurutnya, jiwa gotong royong, saling asah asih dan asuh saat ini mulai hilang didalam kehidupan kalangan anak muda.

"Benteng kekuatan NKRI kita ini adalah semangat, yakni semangat patriotisme, nasionalisme dan masyarakat generasi muda yang saling asah asih dan asuh. Namun kami yang tua ini prihatin melihat rasa itu sudah terkikis dalam kehidupan anak anak generasi muda kita". Keluh Joko

Hari Pahlawan  yang dirayakan setiap tanggal 10 November setiap tahunnya di Indonesia merupakan hari untuk memperingati peristiwa Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945.

Perang yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia itu berhadapan antara para tentara dan milisi Indonesia yang pro-kemerdekaan melawan tentara Britania Raya dan Belanda.

Didalam catatan sejarah Nasional Indonesia, tanggal 10 November pertama kali diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional Indonesia ialah menjelang tahun 1950an.

Dimana Proklamator Kemerdekaan RI, Soekarno, menetapkan 10 November sebagai tanggal yang sakral bagi bangsa Indonesia. Keputusan Soekarno itu didasari usulan Soemarsosno, mantan pimpinan tertinggi Gerakan Pemuda Republik Indonesia (GPRI). (Har)

SHARE THIS

Author:

Jurnalis

0 comments: