Pelatihan Linmas Desa Garon Kawedanan

PELATIHAN LINMAS DESA GARON KAWEDANAN 2017 


Pelatihan LINMAS Desa Garon
Mearindonews Magetan  untuk menghadapi Pilkada serentak 2018 berbagai kegiatan Polsek dan koramil kawedanan sesuai dengan tugas dan fungsinya, seperti yang telah dilakukan oleh Babinsa Serka Suyono dan Bhabinkamtibmas Bripka Purwanto menyelengarakan pelatihan LINMAS Desa Garon kawedanan sejumlah 31 anggota pada hari Saptu 30-12-2017 pelatihan diadakan dilapangan dan di Balai, dimana dalam LINMAS dibekali dengan ilmu pengetahuan bela negara dan ketrampilan serta PBB.

Sambutan kepala desa Garon Woro Gunaryati SE dg inti sbb:
"Trimakasih kepada bapak kapolsek dan bapak danramil sebagai nara sumber, semoga apa yang di sampaikan nanti semoga dapat bermanfaat, guna menghadapi pilkada serentak di tahun 2018".

Sambutan sekcam Suparlan mewakili Cahaya Wijaya kawedanan dg inti:
"Tugas dan kewajiban linmas sudah di tuangkan dalam janji dan sumpah linmas.  Dalam waktu dekat akan di adakan pilkada, tenaga dan pikiran diperlukan dari anggota linmas dalam pelaksanaan guna membantu ketertiban dan keamanan.

Tidak lama kita menghadapi pelaksanaan pilkada pilgub dan pilbub, linmas harus mampu mewujudkan keamanan, ketertiban di lingkungan masyarakat ds. Garon.  Yang akan dilakaanakan 27 Juni 2018

Di wil kecamatan dlm bid kamtib ada 3 tiga yg bertanggung jawab forkopinca (Camat, kaposek, danramil) sedangkan kamtib di desa yg bertanggung jawab ada 3 pilar yaitu kepala desa, babinkantibmas dan babinsa yang bertanggung jawab penuh bid.keamanan dan linmas membantu. "
   

 

Penyaji materi 1 Kapolsek Kawedanan AKP Gasar Kumoro SH dg inti sbb;
"Ucapan puji syukur kehadirat tuhan YME karena berkat limpahan taufik dan hidayah Nya dapat berkumpul di aula balai desa Garon dalam rangka pembinaan linmas.

Keberadaan linmas tercantum dlm peraturan menteri dalam negri no 84 th 2014 tanggal 24 Nov 2014,jd keberadaan Linmas di desa telah di akui bukan remeh lagi.
Tugas Linmas
a. membantu penanganan bencana alam
b. Membantu ketentraman masyarakat
c. Membantu tugas sosial
d. Membantu pemilu
e. Membantu pertahanan negara
membantu bencana alam, seandainya ada bencana alam maka linmas wajib membantu korban bencana karena sudah merupakan tugas dari Linmas yg telah tercantum dan di atur oleh peraturan menteri dalam negri.

Menjaga ketentraman masyarakat, Linmas wajib menjaga keamanan dan menjadi pelopor dalam menentramkan keamanan di lingkungan desa.
tugas sosial, bila ada kematian, pernikahan dsb maka Linmas wajib membantu demi kelancaran dan keamanan acara.
membantu pelaksanaan pemilu,  Linmas tugasnya membantu ketertiban dan keamanan dalam pelaksanaan  demokrasi.
Kedepan kita mempunyai hajat yaitu pilkada, pilgub, pilbub maka linmas harus mempunyai pola.
Pala 1 aman ; 2 polri 5 tps 10 linmas
Pola 2 rawan 1 ; 2 polri 2 tps 4 linmas
Pola 3 rawan 2 ; 2 polri 1 tps 4 linmas
Berkaitan dg ini menjelang th pol th 2018 linmas netral tuk nenjaga kamtibmas
Posisi penempatan kam
Ring 1, dlm lokadi tps ( petugas tps dan linmas)
Ring 2 diluar lokasi tps ( Polisi, Tni,  perangkat desa)
Ring 3 pok patroli

Dengan harapan dlm pelaksanaan pilkada 2018 nanti Linmas mempunyai gambaran sehingga mengetahui kondisi TPS yg menjadi tanggung jawabnya.
Membantu pertahanan negara, maka dlm dituasi perang tugas linmas ikut dalam usaha mempertahankan negara dari segala macam rong rongan baik dalam maupun luar negri. Semoga negara kita selalu aman tenram dan selalu kondusif."

    Penyaji materi2Danramil 0804/10 Kawedanan Ktp Inf Sugiri dg inti
"Linmas adalah garda terdepan di masyarakat. Linmas juga membantu ketahanan negara apabila negara dalam keadaan darurat.
Linmas juga perlu menanamkan rasa bela negara dengan cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara dan Linmas merupakan tenaga terlatih yang merupakan tenaga batuan untuk membantu tugas TNI - POLRI
Dalam menghadapi pesta demokrasi linmas merupakan pasukan yg di tempatkan di ring dan ini merupakan tugas yg berat, yang sangat penting dalam kesuksesan kegiatan.
Linmas adalah tugas mulia(hr)

SHARE THIS

Author:

Jurnalis

0 comments: