Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Shutdown/Mati Secara Sempurna
Pada zaman ini, manusia pada umumnya tidak akan bisa terlepas dari yang namanya teknologi, salah satunya PC atau laptop. Untuk dapat digunakan, sebuah PC/laptop membutuhkan sistem operasi, masyarakat Indonesia sendiri pada umumnya masih banyak yang menggunakan sistem operasi dari Microsoft, yakni Windows. Ada pula yang menggunakan sistem operasi lain semisal Mac OS atau distro Linux.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas salah satu permasalahan pada sistem operasi Windows 10 yang terpasang pada laptop Asus X455L milik saya. Setiap kali ketika saya bermaksud mematikan (shutdown) Windows 10 saya, mesin laptop saya tidak pernah berhenti. Padahal layar laptop sudah dalam keadaan mati, namun bunyi putaran hard disk masih terasa. Bahkan lampu indikator pun masih menyala.
Layar laptop dalam keadaan mati, indikator menyala
Walaupun putaran hard disk masih terdengar, namun lampu indikator hard disk juga dalam keadaan mati.
Lampu indikator hdd dalam keadaan mati
Dalam keadaan seperti ini, tidak ada jalan lain bagi saya kecuali mematikan laptop saya dengan cara hard shutdown, dengan menekan tombol power.

Permasalahan ini sempat saya biarkan karena biasanya laptop ini jarang sekali saya matikan, namun saat saya bepergian, laptop ini sering keluar masuk ransel, yang artinya sering saya matikan. Pada saat itu saya mulai terganggu dengan masalah ini. Kemudian saya mencari solusi atas masalah ini pada sebuah forum, berikut langkah yang dapat diambil:
  1. Gunakan tombol Windows + X pada keyboard anda.
  2. Pilih Device Manager.
  3. Cari "Intel (R) Management Engine Interface", kemudian klik kanan dan pilih Properties.
  4. Pilih tab Power Management, kemudian uncheck "Allow the computer to turn off this device to save power", lalu Save.
Setelah itu, coba shutdown/matikan Windows 10 anda.
Mesin mati dengan sempurna

SHARE THIS

Author:

Jurnalis

0 comments: