Spanduk KPU Banyak Yang Ambruk Ternyata Miliki Anggaran Mencapai Ratusan Juta
Spanduk KPU yang roboh
Sejumlah baliho bergambar pasangan calon kepala daerah  dan wakil kepala daerah Kabupaten Magetan yang roboh dan sempat viral masyarakat lantaran banyak munculnya dugaan miring penggunaan anggaran pengadaan alat peraga kampanye tersebut. (14/03/2018)

Baliho banner yang terpasang diberbagai tempat strategis sepanjang jalan di wilayah Kabupaten Magetan tersebut berisikan gambar pasangan kandidat Pilkada Magetan dengan nomor urut 1: Suyatni bersama Nur Wahid, nomor urut 2: Mikratul Mukminin bersama Joko Suyono, dan nomor urut 3: Suprawoto bersama Nanik.

Alat peraga kampanye pilkada Magetan yang ambruk tersebut disebabkan kontruksi penyangganya asal asalan seperti yang dapat dilihat dibeberapa tempat salah satunya di Jalan Raya Gorang gareng - Takeran dan Jalan Raya Kawedanan.

Sementara itu pada kondisi bahan yang digunakan sebagai kontruksi kerangka baliho yang menggunakan bambu itu dibuat tanpa memperhitungkan tingkat kekuatan penyangga dengan pertimbangan saat ini musim penghujan. Sedangkan pelaksanaan Pilkada masih beberapa bulan lagi tepatnya Juni 2018 mendatang.

Selain itu tempat pemasangan alat peraga kampanye yang seharusnya dipasang pada tempat dimana banyak masyarakat melihat, justru tidak sedikit ditemukan pemasangan spanduk spanduk kampanye justru tidak pada tempat yang strategis dan terkesan asal pasang saja.

Arik (37 tahun) warga Kawedanan menanggapi robohnya baliho yang kebetulan terpasang didekat rumahnya itu menyayangkan pemasangan alat peraga kampanye yang seharusnya dapat dijadikan sarana informasi masyarakat justru terlihat sudah banyak yang roboh.

"baliho itu baru beberapa hari dipasang mas tapi kemarin sudah roboh. Seperti yang dipasang arah lembeyan juga ambruk", terang ARI sambil menunjuk baliho di Jalan Raya Gorang Gareng - Takeran.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kab. Magetan ketika dikonfirmasi perihal besaran anggaran untuk pengadaan alat peraga kampanye pemasangan baliho yang dipasang di seluruh Kab. Magetan tersebut melalui pesan singkat WA justru melempar ke Sekretaris KPUD Magetan.(13/03/2018)

Sedangkan informasi yang berhasil dihimpun Mearindo mengenai besaran anggaran untuk alat peraga kampanye sebagaimana nilai kontrak pencetakan baleho, umbul2 dan spanduk Rp. 135.432.000. - (Seratus tiga puluh lima juta empat ratus tiga puluh dua ribu rupiah) termasuk ppn 10 %.

Anggaran tersebut untuk pengadaan sejumlah alat peraga kampanye mencakup 15 baleho, 540 umbul umbul dan 1410 spanduk.

Ongkos pasang (swakelola) dengan melibatkan anggota PPK dan PPS dengan perhitungan sebagai berikut: untuk baleho, ongkos bahan dan tenaga pasang 280.000/ baleho. Sedangkan anggaran umbul umbul dan spanduk untuk bahan serta tenaga pasang @ 50.000.(Lana)

SHARE THIS

Author:

Jurnalis

0 comments: