Puluhan Bangunan Semi Permanen Diterjang Ombak di Pantai Selatan
Bangunan semi permanen diterjang ombak
Pacitan - Jawa Timur
Mearindo, Puluhan bangunan semi permanen yang berada pinggir pantai selatan Kabupaten Pacitan dikabarkan rusak parah akibat terjangan ombak air laut setinggi 5 meter.

Terjadinya ombak pasang setinggi 4 sampai 5 meter itu diketahui pada Rabu, 25/07/2018 sekitar pukul 03.00 sampai 04.30 Wib disepanjang pantai selatan.

Akibat bencana alam ombak besar tersebut mengakibatkan kerusakan sejumlah tempat Fasilitas umum dan puluhan kios pedagang yang berada di sepanjang pantai.

Sementara itu Drs Windarto (Kepala BPBD Pacitan) menerangkan bahwa saat ini gelombang di Samudra Indonesia kususnya di sepanjang pantai selatan Jawa terpantau sekitar 4 - 6 meter dan kemungkinan sampai dengan tanggal 30 Juli 2018


"Kami bekerjasama dengan beberapa pihak menghimbau kepada masyarakat agar tidak terlalu dekat dengan bibir pantai, dan menghimbau kepada nelayan untuk sementara agar tidak melakukan aktivitas pencarian ikan", himbau Kepala BPBD Pacitan.

Pasca terjadinya bencana gelombang pasang TNI AD dari jajaran koramil dibawah Kodim Pacitan, Babinkamtibmas, Linmas, BPBD, relawan kebencanaan dan masyarakat melakukan upaya pembersihan material bangunan dan menyelamatkan barang barang yang terdampak ombak besar.

Dimungkinkan untuk data kerugian akan bertambah mengingat sampai dengan saat ini gelombang masih tinggi dan besar di laut jawa.

Dan akibat gelombang tinggi saat ini tidak ada aktifitas nelayan di sepanjang Kab. Pacitan mengakibatkan kelangkaan ikan laut dan lumpuhnya mata pencaharian warga yang menjadi nelayan. (Edy)

SHARE THIS

Author:

Jurnalis

0 comments: